Ingat dan susun (Game’s Bim. Kelompok)

Januari 31, 2012 at 4:52 pm Tinggalkan komentar


a. Ringkasan

Setiap kelompok diharap mengingat kata-kata yang disebutkan oleh konselor dan menyusunnya menjadi sebuah cerita yang menarik sebagai contoh, tema bencana Tsunami Desember 2004

b. Sasaran

Mendiskusikan hasil cerita yang dibuat oleh konseli dan mengarahkannya pada materi syariat (hubungan manusia dengan sesamanya, alam dan penciptanya)

c. Waktu

30 menit

d. Tempat

Ruang kelas

e.  Alat dan bahan

Alat tulis dan kertas

f.  Peserta

Kelompok kecil, masing-masing 3-5 orang

g.  Prosedur

1.  Pembagian kelompok, misalnya 3 orang perkelompok

2.  Setiap kelompok dilengkapi dengan satu buah alat tulis dan selembar kertas

3.  pemberian instruksi

a.  Games terdiri atas dua sesi, yaitu sesi ingat dan sesi susun

b.  Setiap kelompok ditugaskan untuk mengingat kata-kata yang disampaikan oleh konselor, kemudian  menyusunnya menjadi sebuah cerita dengan menggunakan kata-kata tersebut.

c.  Misal, tiap kelompok terdiri atas 3 orang. Jumlah kata yang diberikan sebanyak 30 kata. KAta-kata yang disebutkan oleh konselor mengarah pada materi. Bencana Tsunami Desember 2004 (note: kata-kata yang digunakan dapat bersifat bebas, disesuaikan dengan materi yang ingin disampaikan)

d.   Sesi I :

Konselor menyebutkan 30 kata tersebut hingga selesai dan para peserta hanya boleh menyimak. Setelah 30 kata tersebut selesai disebutkan, peserta diminta untuk menyalinnya pada kertas yang telah disediakan dalam waktu tiga menit

e.  Sebelum sesi I dimulai, peserta diberi waktu 1 menit untuk menyusun strategi

f.   Sesi I dimulai

g.   Konselor mengecek jumlah kata yang dapat diingat oleh setiap kelompok dan membandingkan antara kelompok dengan menggunakan persentase (%). Kelompok mana yang mengingat paling  banyak ?

h. Jika ada kata yang mengada-ada, untuk setiap kata dikenakan sanksi, yaitu semua peserta diminta untuk senyum selama 5 detik perkata yang mengada-ada tersebut.

i.  Setelah memberikan penilaian, apabila dalam suatu kelompok ada kata yang kurang, konselor membantu melengkapinya

j.  Sesi II

k. Konselor memberikan instruksi lagi, yaitu meminta setiap kelompk untuk menyusun sebuah cerita yang menarik dan menyambung dalam waktu 15 Menit.

l. Sesi II dimulai

m. Setelah selesai, tiap kelompok membacakan hasil karyanya

h. Pembahasan

Bagian 1

1.  Kelompok mana yang paling banyak mengingat kata-kata yang benar? Mengapa?

2.  Kelompok mana yang paling sedikit mengingat kata-kata yang benar? Mengapa?

3.  Apakah ada kelompok yang telah menyusun strategi dengan baik, tetapi hasilnya kurang baik?

Bagian 2

  1. Apa yang terjadi pada 26 Desember 2004 di Aceh ?
  2. Dapatkah konseli menceritakan kronologi peristiwa bencana Tsunami ?
  3. Bagaimana pendapat konseli tentang peristiwa tersebut ?
  4. Sekiranya konseli menjadi salah satu korban bencana tersebut, apa yang  akan konseli lakukan ?

Lampiran  : UNDUH

Entry filed under: Games. Tags: .

Manfaat Jalan Kaki Tips menyingkirkan negative thinking

Saling Mengingatkan ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip


%d blogger menyukai ini: