Manfaat Jalan Kaki

Januari 20, 2012 at 2:21 am Tinggalkan komentar


Kesehatan adalah mahkota tak terlihat, banyak orang yang tertipu dengan kesehatan, sehingga terkadang tidak mengoptimalkan kesehatan. Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat mahal, bahkan tak bisa dibeli dengan uang. Maka, pola hidup sehat harus senantiasa diterapkan. Dengan tubuh sehat, seseorang bisa lebih optimal dan lebih Khusyu’ dalam beribadah kepada Alloh. Pendengar yang budiman, Info sehat kali ini kita akan membahas mengenai manfaat berjalan kaki.

Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam selalu berjalan kaki ke Masjid, ke Pasar, Medan Jihad, mengunjungi Rumah Sahabat, dsb. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka, dan peredaran darah semakin bertambah lancar. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyakit jantung.

Begitu banyak bentuk olahraga yang selaras dengan gaya hidup Islami, dan dapat dilakukan oleh kita semuanya, salah satunya adalah dengan berjalan kaki.

Dengan berjalan kaki setiap hari secara teratur, maka bukan hanya dapat membuat kita merasa lebih baik dan berenergi dalam mengerjakan apa pun, tapi juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit-penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker, diabetes, dan depresi.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dikenal memiliki kebiasaan berjalan kaki, sebagaimana disebutkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rosululloh; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

Bahkan Rosululloh tak jarang mengajak istrinya untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan tubuh. Rosululloh pernah mengajak istrinya, Aisyah, untuk berlomba dengan beliau.

Adapun beberapa manfaat dari berjalan kaki tersebut antara lain adalah:

  1. Memperkuat kaki dan sistem pernafasan.
  2. Berjalan kaki merupakan salah satu latihan yang membuat semua bagian tubuh kita bergerak. Bila kita mencoba berjalan lebih cepat, ini akan meningkatkan denyut jantung dan memberikan kebugaran secara fisik.
  3. Berjalan kaki dapat membantu memperbaiki postur tubuh ketika kaki dan tubuh bagian bawah bergerak. Hal ini juga membantu memperkuat kaki dan tubuh bagian bawah serta membuat sendi lebih fleksibel.
  4. Ketika berjalan kaki, semua bagian tubuh bergerak dan lebih cepat mengeluarkan energi. Ini akan membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Berjalan kaki juga membantu mengontrol berat badan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, meningkatkan fungsi sistem pernafasan, membantu mengatasi hipertensi dan sebagai terapi rehabilitasi bagi yang telah mengalami serangan jantung. Berjalan kaki juga efektif dalam mencegah penyakit pernafasan.

Mari kita jadikan kesehatan sebagai batu loncatan agar kita dapat beribadah lebih maksimal. Ketidakseimbangan dalam pola dan gaya hidup akan banyak berdampak pada kenyamanan hidup kita dan proses ibadah kita kepada Alloh. Semoga Alloh senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua dan menjadikan kita golongan orang-orang yang senantiasa bersemangat dalam melaksanakan segala perintah-Nya. Wallohu ‘alam…..

sumbernye bro : http://blog.fajrifm.com/archives/612

Entry filed under: Info. Tags: .

Blind Man Ingat dan susun (Game’s Bim. Kelompok)

Saling Mengingatkan ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip


%d blogger menyukai ini: