Kenali Jiwa mu

Juni 11, 2011 at 10:26 am Tinggalkan komentar


Ketika kita sendirian, kita merasakan ada diri kita yang lain, yang berada jauh di dalam tubuh kita. Itulah jiwa. Apa sebetulnya jiwa itu? Dalam bahasa Arab, jiwa itu disebut nafs, sedangkan dalam bahasa latin atau yunani, jiwa disebut anima atau psyche. Makanya, ilmu yang mempelajari kejiwaan disebut psikologi…. SEBENARNYA SAYA LEBIH COCOK jika Psikologi di ganti Nafsiologi…. gimana setuja kan ? iya….terima kasih….:-)

Jika tidak dijaga, jiwa kita akan seperti anjing lapar. Sekali diberi daging, dia akan menuntut lebih bnayak dan akan sulit menghentikannya. Sekali kita mengikuti kemauan hawa nafsu, maka akan sulit mengendalikannya. Percaya lah, jiwa ini sering disebut nafs ammarah bissu yaitu yang selalu memerintahkan pada keburukan. Ia menggodau kita untuk bersikap serakah, ingin dipuji, sombong, dan sikap tidak baik lainnya…

Jika kamu sudah tidak bisa mengendalikan jiwa yang liar itu, mintalah pertolongan kepada pemilik Nya, Allah SWT. Jika kita betul-betul menyerahkan jiwa, nafs ammarah bissu’ sedikit demi sedikit akan digeser oleh nafs lawwamah.

Nafs lawwamah ini akan membuat jiwa kita peka terhadap rasa bersalah, penyesalan, dan keengganan berbuat tidak baik.

Jika kamu rajin menjinakkan jiwamu, lama-kelamaan jiwamu menjadi bersih. Jiwa yang bersih itu disebut nafsul muthmainnah, jiwa yang tenang. Maka, bersiaplah disambut oleh Allah, seperti yang tercantum dalam Al Qur’an.

Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhoi Nya. Maka, masuklah kamu ke kalangan hamba-hamba Ku dan masuklah ke dalam surga Ku. (QS Al Fajr-89 :27-30)

… so…. kenali jiwa mu…..

Entry filed under: Nafsiologi. Tags: .

Sendiri dalam penantian Belajar menghargai orang lain

Saling Mengingatkan ya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip


%d blogger menyukai ini: